ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH

kop zakat

struktur organisasi zakat infaq shadaqah yayasan istiqamah bandung

Bismillahi Rahmanir Rahiim,

MUQADDIMAH

Kaum muslimin yang Insya Allah mendapatkan rahmat Allah SWT, sesunggunya zakat merupakan perkara penting dalam agama Islam seperti halnya shalat 5 waktu. Oleh karenanya, Allah SWT sering mengiringi penyebutan zakat dalam Al-Qur’an dengan shalat agar kita tidak hanya memperhatikan hak Allah saja, akan tetapi juga memperhatikan hak sesama dengan mengurangi beban saudara-saudara kita yang tidak mampu melalui zakat.

Bidang ZIS Yayasan istiqamah Bandung senantiasa menerima titipan Zakat, Infaq dan Shadaqah untuk kemudian disalurkan sesuai dengan program yang telah ditentukan.

HUKUM ZAKAT

Kewajiban zakat atas umat Islam merupakan salah satu prestasi Islam yang sangat menonjol dan perhatiannya terhadap berbagai urusan para pemeluknya, karena banyak manfaatnya dan kaum fakir miskin membutuhkannya.

Allah SWT berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.” [QS. At Taubah : 103]

 

VISI & MISI

  • Mewujudkan Amil Zakat yang amanah dan profesional sesuai tuntunan Al-Qur’an As-Sunnah.
  • Menumbuhkan kesadaran umat Islam terhadap pentingnya kewajiban mengeluarkan zakat, infaq dan shadaqah.
  • Mengoptimalkan pengumpulan dan pendayagunaan zakat, infaq dan shadaqah, sehingga dapat membantu mengurangi kemiskinan.

PROGRAM

  • Santunan Beasiswa,
  • Peduli Dhuafa,
  • Peduli Guru Madrasah,
  • Pemberdayaan Ekonomi Umat,
  • Khitanan Massal,
  • Pembinaan Muallaf,
  • Peduli Bencana Alam, dll.

KHATIMAH

Sekiranya zakat sudah teraplikasikan dengan baik, dalam arti Muzakki menitipkan zakatnya melalui lembaga pengelola zakat yang amanah dan profesional dengan program yang terarah dan berkesinambungan, maka Insya Allah ke depan tidak ada lagi anak yang putus sekolah, tidak ada lagi pengemis jalanan, dll.

Oleh karenanya, kami menghimbau para Muzakki untuk menyalurkan zakatnya apabila telah sampai nisab.

Allah SWT berfirman :

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata :Ya rabbi, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh?” (QS. Al-Munafiqun :10).

“Sedekah adalah penolak bala, penyubur pahala dan pelipat ganda rizki; sebutir benih menumbuhkan tujuh bulir, yang pada tiap-tiap bulir itu tumbuh seratus biji. Artinya, allah yang Mahakaya akan membalasnya hingga tujuh ratus kali lipat”. (QS.Al-Baqarah : 261)

HIMBAUAN

Prof.DR.KH. Miftah FaridlProf. DR.KH.Miftah Faridl (Ketua Pembina Yayasan Istiqamah Bandung) :

“Mari kita tunaikan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) kita melalui Bidang ZIS Yayasan Istiqamah Bandung untuk membersihkan hati, harta juga menghapus dosa-dosa kita”.

Jika Anda mengalami kerugian, perbanyaklah zakat, infaq dan shadaqah. Dan jangan pula berhenti berzakat, infaq dan shadaqah apabila meraih keuntungan.

Raihlah keuntungan yang berlipat ganda di setiap tahunnya dengan gemar berzakat setiap hari. Jazakumullahu khairan katsiran.

SEKRETARIAT

Sekretariat Bidang ZIS Yayasan Istiqamah Bandung :

Jl. Taman Citarum Bandung

Tlp : (022) 4213165 atau melalui Email saefulanwar911@gmail.com.

Dan kami pun siap menjemput ZIS Anda atau bisa melalui Bank Muammalat Indonesia (BMI) Cab. Bandung.

No.rek 1130001825 a/n Yayasan Istiqamah Bandung QOZIS.

 

<< HOME >>