SMP ISTIQAMAH JUARA 1 NASIONAL LOMBA HEMAT ENERGI

SMP Istiqamah Bandung kembali menorehkan prestasi. Kali ini dalam ajang lomba penghematan energi tahun 2016 dalam kategori video. Keberhasilan ini merupakan proses panjang dan upaya nyata SMP Istiqamah Bandung dalam mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan dan hemat energi. SMP Istiqamah Bandung terus berupaya mensukseskan tiga pilar unggulan penghematan energi yaitu kebijakan penghematan energi, kegiatan penghematan energi dan pengendalian penghematan energi.

H Tendi Kusmawan, M.Pd selaku kepala sekolah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung keberhasilan ini. Dengan penghargaan ini SMP Istiqamah Bandung akan terus berusaha melaksanakan kegiatan penghematan energi dan terus berinovasi untuk menciptakan energi terbarukan di lingkungan sekolah untuk generasi dimasa yang akan datang.
SMP Istiqamah Bandung diwakili oleh siswi berprestasi dalam pembuatan video kampanye hemat energy yaitu Nida Khofia Azzahra, siswi kelas 8 ini menyisihkan kontestan lainnya dari berbagai daerah. Dengan prstasinya ini Nida diganjar dengan piala dan piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaa.
Penganugerahan LHE 2016 dilakukan oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana, di Jakarta, Senin, 28 November 2016. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Daerah, PT. PLN, perwakilan dari sekolah peserta LHE di Rumah dan Sekolah 2016 yang terdiri dari siswa sebagai pahlawan energi dan guru sebagai manajer energi, serta para tamu dan undangan lain.
Dalam sambutannya, Rida kembali mengingatkan perilaku hemat energi merupakan kewajiban bersama seluruh masyarakat. “Saat ini kita masih tergolong boros dalam menggunakan energi. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat konsumsi energi yang cukup tinggi. Untuk itu perubahan perilaku menjadi penting,” ujarnya.
Perubahan perilaku dimaksud, lanjutnya, dapat dilakukan dengan efektif melalui pembiasaan atau sering juga disebut learning by doing. “Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa sekolah dapat memahami dan mempraktekkan pengetahuannya tentang konservasi energi,” kata Rida.
Lomba Hemat Energi di Rumah dan Sekolah adalah kompetisi untuk siswa menengah pertama dan menengah atas (SMP dan SMA) untuk mengubah perilaku siswa agar dapat menerapkan upaya-upaya konservasi energi di lingkungan rumah dan sekolahnya sehingga terbentuk kebiasaan yang hemat dan efisien dalam penggunaan energi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang peduli dengan konservasi energi dan menjadi motor penggerak budaya hemat energi di masa yang akan datang.
SMP Istiqamah Bandung sebagai salah satu sekolah swasta favorit di kota Bandung, selalu aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan di tingkat pusat maupun daerah, guna mempersiapkan peserta didik yang beriman, berilmu dan berakhlak mulia. Kiranya bukan suatu hal yang naïf apabila SMP Istiqamah Bandung menjadi pilihan tepat bagi para orang tua yang sedang mencari sekolah modern berwawasan keagamaan, SMP Istiqamah adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *