TK

TK ISTIQAMAH BANDUNG

TK

PROFIL

VISI

MISI

TUJUAN

STRUKTUR KEPENGURUSAN

PROFIL PENGAJAR

PENERIMAAN MURID BARU

PERSYARATAN

KEGIATAN

TK Istiqamah Melihat Proses Produksi Al Quran Syaamil

TK Istiqamah Melihat Proses Produksi Al Quran Syaamil

TK Istiqamah Melihat Proses Produksi Al Quran Syaamil

Bertemu anak-anak kecil merupakan salah satu dari sekian banyak saat-saat menyenangkan. Mereka hadir dengan kepolosannya dalam perilaku maupun ucapannya. Begitu pula yang terjadi pada kami di Sygma, saat mendapat kunjungan dari anak-anak TK Istiqomah, Kota Bandung, pada Kamis, 19 September 2013.

Sebanyak 155 orang anak plus para ibu gurunya berkunjung ke Sygma untuk melihat proses pencetakan Al Quran Syaamil. Mereka datang dua rombongan. Rombongan pertama adalah anak-anak yang masuk dalam kelompok bermain dan TK nol kecil. Anak-anak tiba di Sygma sekira pukul 8.30 menggunakan bus kecil. Mengenakan seragam berwarna kuning, anak-anak itu tampak begitu lucu dengan kepolosannya.

_MG_0335

Di ruang serbaguna, anak-anak berusia 3-5 tahun tersebut dipandu oleh Pak Dikdik untuk melakukan berbagai aktifitas, sebelum berkunjung melihat proses produksi Al Quran. Salah satunya senam ringan memijat punggung temannya dengan berbagai gerakan sederhana, seperti gaya hujan batu, gaya hujan rintik-rintik sampai angin sepoi-sepoi. Mereka pun mengikuti gerakan yang dicontohkan meski tampak kebingungan saat melakukannya.

“Tujuan kami ke sini adalah untuk mengenalkan proses percetakan buku kepada anak-anak agar mereka lebih mencintai buku. Juga supaya tahu bahwa di Bandun juga ada percetakan Al Quran sehingga tidak perlu mengimpor Quran dari Madinah,” demikian disampaikan Kepala Sekolah TK Istiqamah, Ibu Titik Hendarti, dalam sambutannya terkait kunjungan anak-anak ke Sygma.

Anak-anak pun kemudian dibawa keliling untuk melihat proses produksi Al Quran maupun buku, mulai dari proses pra produksi hingga produksi.

_MG_0369

Di ruang pra produksi, anak-anak diajak untuk mengetahui proses dirancangnya Al Quran yang dikerjakan secara komputerisasi. Kemudian, di ruang produksi, yang pernah tampil di program Laptop Si Unyil edisiRamadhan, anak-anak melihat bagaimana Al Quran dicetak, dipotong, diberi aksesoris, dijilid, hingga siap dikirim. Semua proses itu dilewati anak-anak sambil mendengarkan informasi yang disampaikan Fey sebagai pemandu.

Usai dari ruang produksi, anak-anak pun keluar dan langsung bersiap menuju ke bus masing-masing untuk diantarkan kembali ke sekolah. Namun, sebelum masuk ke bus, mereka diberi kupon untuk ditukar langsung dengan buku anak-anak.

_MG_0395

Selepas kelompok pertama, rombongan berikutnya sudah menunggu di ruang serbaguna, ditemani Pak Dikdik. Rombongan kedua ini adalah anak-anak TK kelas nol besar, dengan rentang usia 5-6 tahun.

Kelompok kedua ini  dengan tertib mengikuti materi yang diberikan. Pada saat ditemui, mereka sedang menyimak pembuatan ilustrasi gambar beruang di komputer oleh Ade Wawa, ilustrator Sygma.

Selesai dari ruang serbaguna, mereka pun kemudian melanjutkan kunjungan dengan melihat proses produksi AlQuran, seperti yang dilakukan oleh kelompok pertama. Mereka pun dengan tertib mengikuti setiap instruksi dari ibu guru pembimbingnya. Jumlah anak-anak di kelompok kedua ini memang tidak sebanyak kelompok pertama. Tapi, lebih dari 60 orang.

Setelah selesai mengunjungi percetakkan, anak-anak kelompok kedua ini tidak langsung naik bus. Mareka kembali ke ruang serbaguna untuk menikmati bekal mereka, sambil dibarengi tayangan Laptop Si Unyil.

Di akhir makan dengan tertib, mereka memasukkan sampah-sampah bekas makan, ke dalam kantong kresek yang dibawa ibu guru. Sebelum pulang, anak-anak dan para guru pendamping sempat berfoto bersama di ruang Serbaguna Sygma. Tidak tampak raut lelah di wajah mereka. Mereka terlihat tetap ceria, hingga kembali lagi ke bus yang akan membawa mereka pulang sambil membawa oleh-oleh buku  dari Sygma.

Para guru pendamping pun tampak senang dengan kunjungannya ke Sygma dan berharap dapat kembali lagi untuk melakukan kunjungan.

Terima kasih TK dan Kelompok Bermain Istiqamah yang telah berkunjung ke Sygma untuk melihat proses produksi Al Quran Syaamil. Semoga kunjungan ke Sygma bisa bermanfaat, setidaknya menambah pengetahuan tentang proses pencetakan Al Quran sehingga menambah kecintaan terhadap Al Quran.