SMP

2

PROFIL

SMP ISTIQAMAH BANDUNG adalah sekolah yang didirikan atas prakarsa tokoh dan ulama yang berkiprah di masjid Istiqamah Bandung. Sekolah ini kental dengan nilai-nilai Islam di dalamnya,  dengan penekanan pada akhlak dan pembiasan-pembiasaan ibadah sunah.

Sebagian besar orang sepakat bahwa ilmu tidak bebas nilai dan islam tidak mengenal dikotomi antara ilmu penegetahuan (sains) dengan agama. selanjutnya di SMP Istiqamah dalam pengembangan kurikulumnya mencoba mengintegrasikan nilai-nilai Islam  dengan ilmu pengetahuan. Metode pengajaran yang digunakan tidak lagi banyak mengunakan metode ceramah yang membuat peserta didik jenuh melainkan dengan Cooperative Learningdan Qudwah al-Hasanah (teladan yang baik) yang berdampak pada siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya.

Disadari atau tidak perkembangan teknologi berdampak pada perubahan sikap mental pada anak-anak atau remaja, yang membuat resah sebagian orang tua. Untuk menyikapi itu semua perlu sebuah terobosan bagaimana kita mampu menangkal itu semua. SMP Istiqamah dengan paradigma segita tiga emasnya mencoba menghalau itu semua dengan membangun sebuah sinergi.

Pertama, rumah adalah tempat pertama dan utama dalam dalam mendidik anak,  kedua, sekolah adalah tempat membina, mendidik, transformasi ilmu dan melakukan sebuah perubahan kearah yang positif, ketiga, masyarakat, adalah tempat berkumpul, bergaul dan aktualisasi diri. Ketiga tempat ini dibangun dengan komunikasi yang baik sehingga menjadi tempat tumbuh kembang anak yang menopang dan mendorong pada kemajuan anak.

Dalam memilih sekolah yang berkualitas tentu ada beberapa syarat yang harus dimiliki mulai dari manajemen, sarana prasarana, kurikulum, staf pengajar dan  lulusannya, SMP Istiqamah dengan Sumber daya yang dimilki dan atas izin Allah telah memberikan gambaran sekolah yang berkualitas serta terus mencoba meningkatkan ke arah yang lebih baik.

PROGRAM UNGGULAN

  1. KEAGAMAAN
  2. Lulusan SMP Istiqamah mampu menterjemahkan AL-Quran (Metode Tamyiz)

(dimulai tahun ajaran 2011/2012).

  1. Setelah Shalat Dzuhur berjamaah, dilanjutkan kultum oleh siswa secara bergiliran.
  2. Mengadopsi kurikulum Kementrian Agama sehingga jumlah jam untuk mata pelajaran agama lebih banyak .
  3. BTAQ ( dengan metode TAHSIN).
  4. Tahfizd Qur,an (menjadi Ekskul Wajib di Kelas 8 ).
  5. Pembiasan sholat Dhuha dan Shaum Senin-Kamis.
  6. PRESTASI SEKOLAH
  7. BIDANG AKADEMIK
  8. Memperoleh rata-rata NEM dan NEM tertinggi di sub rayon 6 tahun 2010/2011.
  9. Memilki kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan status mandiri bukan adopsi
  1. BIDANG KESISWAAN
  2. Jumlah pendaftar calon siswa baru terus bertambah dari tahun ke tahun, sedangkan daya tampung SMP Istiqamah dibatasi pada angka sembilan puluh (90) orang siswa.
  3. Lulusan SMP Istiqamah mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lainnya. Hal ini terbukti dengan lulusan SMP Istiqamah mampu terserap di jenjang pendidikan yang lebih tinggi (favorit) bahkan mampu mempertahankan tradisi pencapaian nilai rata-rata tertinggi Ujian Nasional (UN).
  4. Dalam bidang Keagamaan siswa dan siswi SMP Istiqamah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya bahkan dengan Madrasah Tsanawiyah sekalipun. Hal ini terbukti dengan siswa-siswi SMP Istiqamah memperoleh hasil terbaik dalam berbagai ajang yang diselenggarakan dalam skala kota Bandung sampai tingkat Provinsi, misalnya :

Juara I Lomba MTQ tingkat SMP se- Jawa barat yang diselenggarakan oleh UPI Tahun 2010

Juara II Lomba MTQ tingkat SMP se- Jawa barat yang diselenggarakan oleh UPI Tahun 2010

Juara III Lomba MTQ tingkat SMP se- Jawa barat yang diselenggarakan oleh MGMP PAI Kota bandung Tahun 2010.

Jura I Lomba Kaligrafi antar SMP Se-Kota bandung di SMA Negeri 2 Bandung Tahun 2010

Juara III Lomba Fahmil Qur’an antar SMP Se- Kota Bandung di SMA Negeri 3 Bandung Tahun 2010

  1. Dalam bidang Olahraga siswa SMP Istiqamah mampu bersaing dengan sekolah lainnya, hal ini terbukti dengan diraihnya Juara III Kompetisi Futsalantar SMP pada Pribadi Futsal Competition tahun 2011 serta menjadi semi finalis pada kompetisi futsal BSI Cup pada tahun 2011
  2. Dalam bidang Lingkungan Hidup siswa SMP Istiqamah meraih juara III kategori merangkai herbarium di SMA PGII pada tahun 2011
  3. Dalam kegiatan PASKIBRA SMP Istiqamah meraih Juara II Kompetisi Regu Pengibar Bendera Pelajar di SMA Pasundan 1 Bandung pada tahun 2010.
  4. Juara 2 Madya Rukibra tingkat kota bandung

 

SMP ISTIQAMAH

STRUKTUR KEPENGURUSAN

PROFIL PENGAJAR

PENERIMAAN MURID BARU

PERSYARATAN